Kesenian Nusantara



KESENIAN NUSANTARA







Disusun oleh :
Muhammad Amin
(18612010069)



Dosen Pembimbing :
SURTI, SE,ME



YAYASAN UNIVERSITAS AHCMAD YANI BANJARMASIN
FAKULTAS EKONOMI
MANAJEMEN
2019

KATA PENGANTAR


          Puji dan syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “Batik Diera Modern”. Karya tulis ini dibuat untuk memenuhi tugas yang telah diberikan Ibu Surti, SE, ME selaku Dosen pembimbing Mata Kuliah Bahasa Indonesia.
Kami menyadari bahwa karya tulis ini belum sempurna, karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar kami bisa lebih baik lagi kedepannya.
Pada kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih kepada :
1)    Ibu Surti SE,ME selaku Dosen pembimbing mata kuliah Bahasa Indonesia,
2)    Teman-teman, dan
3)    Semua pihak yang telah membantu baik tenaga maupun saran sehingga kami dapat menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah ini.
          Akhir kata, kami berharap semoga Allah SWT memberikan imbalan yang setimpal kepada mereka yang telah memberikan bantuan dan dorongan serta kami berharap karya tulis ini dapat berguna dikemudian hari.



                                                                    Banjarbaru, 14 Mei 2019






DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR                                                                                          i
DAFTAR ISI                                                                                                       ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang                                                                                               1
1.2 Rumusan Masalah                                                                                          1
1.3 Tujuan                                                                                                             1
BAB II PEMBAHASAN
A. Kesenian Tradisional                                                                                        2
B. Jenis-jenis Kesenian Tradisional                                                                      2
C. Hasil Penelitian                                                                                                7
1.    Faktor-faktor Penyebab Para Remaja Cenderung Memilih Kesenian Modern
Daripada Kesenian Tradisional                                                                                 10
2.    Dampak Berkembangnya Kesenian Modern Dalam diri Remaja
Saat Ini                                                                                                                 11
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan                                                                                                    12
B. Saran                                                                                                               12
DAFTAR PUSTAKA                                                                                         13


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakan
            Indonesia meupakan negara besar yang memiliki beragam suku yang tersebar diseluruh Nusantara dari Sabang hingga Merauke. Hal ini menciptakan keberagaman seni dan budaya. Perkembangan budaya lokal di setiap daerah tentu memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan semangat nasionalisme, karena kesenian budaya lokal tersebut mengandung nilai-nilai sosial masyarakat. 
Namun dalam derasnya arus globalisasi, budaya lokal pada sisi lain mengalami kemajuan yang sangat pesat, tetapi di tempat lain juga mengakibatkan kerusakan yang luar biasa. Globalisasi yang terjadi dapat dirasakan dalam kemajuan bidang pengembanganilmu pengetahuan dan teknologi.
            Kemajuan yang pesat dalam bidang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya membawa dampak bagi kehidupan masyarakat indonesia. Dampak yang ditimbulkan ada yang bersifat positif dan ada yang negatif, contoh negatif masyarakat khususnya kaum muda lebih suka kepada kebudayaan asing dibanding dengan budaya sendiri.

1.2 Rumusan Masalah
1)     Kurangnya pengetahuan masyarakat sekarang tentang kesenian tradisional Nusantara
2)     Kurangnya minat kaum muda melestarikan kesenian tradisional Nusantara
1.3 Tujuan
            Tujuan kami mengangkat judul dalam karya tulis ini agar kesenian tradisional tetap terjaga dan lestari, selain itu, untuk mengetahui sejauh mana remaja sekarang melestarikan kesenian tradisional. Dengan karya tulis ini diharapkan remaja sekarang mengetahui arti pentingnya kesenian tradisional sebagai indentitas bangsa Indonesia.


BAB II
PEMBAHASA
A.   Kesenian Tradisional.
            Kesenian Tradisional adalah salah satu bentuk dari kebudayaan tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu. Kesenian tradisional merupakan suatu hasil ekspresi hasrat manusia akan keindahan dengan latar belakang tradisi atau system budaya masyarakat pemilik kesenian tersebut. Dalam hal karya seni tradisional tersirat pesan dari masyarakatnya berupa pengetahuan, gagasan, kepercayaan, nilai, norma, dan sebagainya. Kesenian tradisional dapat juga diartikan sebagai unsur yang menjadi bagian hidup masyarakat dalam suatu kaum, suku, bangsa tertentu. Selain itu kesenian tradisional merupakan kesenian yang sudah berurat dan berakar dari tradisi yang dimiliki suatu daerah.
B.    Jenis-Jenis Kesenian Tradisional.
1)      Seni Tari
            Seni tari adalah gerak indah yang berirama yang mengandung dua unsur penting yaitu gerak dan irama. Fungsi seni tari merupakan seni tari yang mempunyai arti khusus dalam kegiatan hidup dan fungsinya merupakan tingkatan kebutuhan yang sekaligus mencerminkan peradaban. Adapun bobot dan mutu harapannya menjadi tolak ukur tinggi rendahnya kebudayaan.
a)         Tari ritual / upacara suku bangsa
       Fungsinya melestarikan budaya purba. Tari ungkapan suku sebagai rasa terimakasih cinta mohon keselamatan untuk memperoleh perlindungan roh leluhur agar sukses berburu, panen baik, atau menang perang tariannya dilakukan dengan spontan, penuh semangat dan penjiwaan yang murni.
Contoh:
·         Tari makare – kari di desa tengahan peringsingan bau yang juga disebut perang duri, diiringi gamelan selonding untuk keselamatan.
·         Tari tangan dengan gerakan semacam pencah, dilakukan pada waktu selesai panen. Di daerah sawahlunta sebagai ungkapan terimakasih
·         Tari tewadar, tari dukun irian jaya untuk pengobatan orang sakit.
b)        Tari Upacara
       Fungsinya untuk merayakan suatu peristiwa penting seperti perkawinan, pengobatan, penyambutan tamu, yang merupakan bentuk tari yang indah untuk dipelajari, hingga merupakan susunan yang telah pasti.
Contoh:
·         Beksan lawung, merupakan rangkaian upacara adat perkawinan kraton Yogyakarta.
·         Tari Tebedau dari Timor-timor dengan iringan bende, ketipung, rebana untuk menyambut tamu agung.
·         Tari Wolang dari Maluku dengan iringan nyanyian dan tita untuk menyambut kelahiran bayi.
c)         Tari Mistis
       Funsinya sebagai persembahan kepada roh leluhur, para dewa, penguasa semesta. Berlangsung dengan penuh penyerahan diri dan kepercayaan atas adanya kekuatan – kekuatan keabadian.
Contoh:
·         Tari Tor – Tor dari suku batak, yaitu sebagai upacara pemujaan terhadap para dewa atau leluhur.
·         Tari pendet dan tari gabor dari bali untuk memuja para dewa dengan diiringi gamelan bali lengkap yang sangat dinamis.
·         Tari kuda lumping fungsinya untuk mendatangkan roh hingga penari dapat kemasukan roh tersebut.
·         Tari Gelang Dadas s fungsinya meminta kesembuhan dari roh-roh halus.
d)        Tari Hiburan
       Merupakan tari pergaulan pria dan wanita bernafas kemesraan, bentuknya sebagai tari bebas dengan inprofisasi atau sebagai tari berpasangan yang tekhniknya harus dipelajari dan di kuasai.
Contoh:
·         Tari Betawi
·         Tari Lumpur
·         Tari Kesatria
e)         Tari terapi
       Fungsinya untuk penyembuhan bagi anak – anak cacat.
Contoh:
·         Tari saman di aceh bagus dilakukan oleh penderita cacat lumpuh.
f)         Tari Pendidikan
       Fungsinya untuk kepentingan pendidikan, karena di dalam kehidupan seni tari terdapat kebiasaan – kebiasaan yang dapat mendidik kepribadian.

2)      Seni Wayang
Seni Wayang adalah bentuk teater yang sangat popular, orang sering menghubungkan kota – kota wayang, karena dilihat dari pertunjukan wayang kulit yang memakai layar dimana muncul bayang – bayangan.

Macam-macam seni Wayang:
a)         Wayang kulit adalah seni tradisional yang terutama berkembang di jawa.
Contoh:
·         Wayang kulit gagrang Surakarta
·         Wayang kulit gagrang Yogyakarta
·         Wayang kulit gagrang Banyumas
·         Wayang Bali
b)        Wayang Golek
Suatu seni pertunjukan wayang yang terbuat dari boneka kayu terutama sangat populer di wilayah tanah pasundan.
c)         Wayang Wong
Suatu bentuk teater daerah yang tepat pementasannya dan perlengkapannya sudah mengikuti teater modern barat.
3)      Seni Tenun
Tenun adalah kegiatan menenun kain dari helaian benang pakan dan benang lungsin yang sebelumnya diikatkan dan dicelupkan kedalam zat pewarna alami. Biasanya kegiatan menenun dilakukan oleh kaum wanita.

Macam-macam Seni Tenun:
a)         Ulos
Adalah kain tenun yang berasal dari daerah Sumatra utara dan suku batak. Setiap ulos mempunyai arti khusus bagi setiap penggunanya yang menerima kain ulos tersebut. Makanya kain ulos tidak bias lepas bagi setiap acara dan kegiatan dalam adat batak. Dalam setiap acara seperti perkawinan, anak lahir dan memasuki rumah baru ataupun acara kematian, kain tenun ulos harus ada karena setiuap acara tersebut mempunyai arti dan makna tersendiri, maka pemberian ulos pun berbeda untuk yang diterima atau yang diberikan. Dan dalam hal ini istilahnya dinamakan mengulosi dan dalam mengulosipun tidak bias dan tidak boleh dilakukan secara sembarangan, dengan itu ada berbagaimacam arti ulos.
b)        Sarung Samarinda
Merupakan salah satu hasil kerajinan yang dikerjakan secara tradisional oleh masyarakat di samarinda seberang, Kalimantan Timur. Keberadaannya saat ini semakin terdesak dengan hadirnya sarung buatan industri tekstil di pulau jawa yang menggunakan alat tenun modern. Sarung buatan industry tekstil ini diakui sebagai sarung samarinda. Meski demikian, bahan baku, cara pembuatan, dan motif tentu sangat berbeda dengan sarung samarinda asli.

4)      Batik
Batik adalah suatu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bias mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian ke 2 adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif – motif tertentu yang memiliki ke khasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya terkait oleh UNESCO.

Contoh Batik :
a)      Batik Solo
       Kota Solo memiliki banyak motif batik yang memiliki maknanya tersendiri, batik solo memiliki ciri khasnya warna dominan coklat soga kekuningan dengan pola geometris pada batiknya. Berikut beberapa motif solo yang kita kenal
1)      Sidomukti
Motif sidomukti  berasal dari kata sido yang berarti jadi, mejadi, terus-menerus, dan mukti berarti mulia dan sejahtera. Jadi sidomukti dapat diartikan menjadi mulia dan sejahtera.
2)      Truntum
Motif truntum diciptakan oleh kanjeng Ratu Kencana, motif ini melambangkan cinta yang tumbuh kembali. Dia menciptakan motif ini sebagai simbol cinta yang tulus tanpa syarat, abadi, dan semakin lama semakin terasa subur dan berkembang.
3)      Kawung
Motif kawung adalah motif yang berbentuk bulatan yang mirip buah kawung (kolang-kaling) yang ditata secara geometris. Motif kawung pengedalian diri yang sempurna, hati yang bersih tanpa ada keinginan untuk ria.

b)      Batik Yogya
Ciri khas batik gaya Yogyakarta, ada dua macam latar atau warna dasar kain putih dan hitam. Sementara warna batik bisa putih (warna kain mori), biru tua kehitaman dan coklat soga. Sered atau pinggiran kain, putih, diusahakan tidak sampai pecah sehingga kemasukan soga, baik kain berlatar hitam maupun putih. Ragam hiasnya pertama geometris garis miring lerek atau lereng, garis silang atau ceplok dan kawung, serta anyaman dan limaran. Ragam hias yang bersifat kedua non-geometris semen, lung- lungan dan boketan.Ragam hias yang bersifat simbolis erat hubungannya dengan falsafah Hindu – Jawa ( Ny.Nian S Jumena ) antara lain : Sawat Melambangkan mahkota atau penguasa tinggi, Meru melambangkan gunung atau tanah (bumi), Naga melambangkan air, Burung melambangkan angin atau dunia atas, Lidah api melambangkan nyala atau geni. Beikut beberapa motif batik Yogya
1)      Motif Ceplok
Batik Yogyakarta Motif Ceplok ini mencakup berbagai macam desain geometris, biasanya berdasar pada bentuk bunga mawar yang melingkar, bintang ataupun bentuk kecil lainnya, membentuk pola yang simetris secara keseluruhan pada kain batik Yogyakarta. Grompol dalam kosakata bahasa Jawa mempunyai arti berkumpul atau bersatu. Melambangkan harapan orang tua akan semua hal baik berkumpul seperti kebahagiaan, rejeki, kerukunan hidup dan kesejahteraan untuk kedua mempelai dan keluarga pengantin karena batik motif ini biasa digunakan pada upacara atau pesta pernikahan. Selain itu, grompol juga bermakna harapan, agar kedua mempelai dapat berkumpul menjadi satu atau untuk mengingat keluarga besarnya saat kemanapun mereka pergi. Harapan yang lain adalah supaya sanak saudara dan para tamu undangan dapat menyatu sehingga pesta pernikahan berjalan lancar dan meriah.
2)      Motif Kawung
Batik Yogyakarta Motif Kawung berupa 4 lingkaran atau elips yang mengelilingi lingkatan kecil sebagai pusat dengan susunan memanjang menurut garis diagonal miring ke kiri atau kekanan berselang-seling. Melambangkan 4 arah angin atau sumber tenaga yang mengelilingi yang berporos pada pusat kekuatan, yaitu timur (matahari terbit yang melambangkan sumber kehidupan), utara (gunung yang  melambangkan tempat tinggal para dewa atau tempat roh/kematian), barat (matahari terbenam yang melambangkan turunnya keberuntungan), selatan (puncak segalanya). Kawung juga melambangkan kesederhanaan dari seorang raja yang senantiasa mengutamakan kesejahteraan rakyatnya. Batik yogyakarta motif kawung juga berarti keadilan dan kesejahteraan.
3)      Batik Yogyakarta Motif Parang biasa disebut sebagai motif batik keris atau pola pedang oleh masyarakat internasional. Sedangkan dalam masyarakat Jawa biasa disebut dengan motif Parang Lidah api atau lidah api. Parang merupakan salah satu motif batik paling kuat dari motif batik lain yang ada. Motif parang berupa garis-garis tegas yang disusun secara diagonal paralel. Motif parang sendiri mengalami perkembangan dan memunculkan motif-motif lain seperti Parang Rusak, parang Barong, Parang Kusuma, Parang Pamo, Parang Klithik, dan Lereng Sobrah. Dulu pembuatnya adalah seorang pendiri Keraton Mataram, maka oleh kerajaan, motif-motif parang tersebut hanya boleh dipakai oleh raja dan keturunannya dan tidak boleh dipakai oleh rakyat biasa. Jenis batik itu kemudian dimasukkan sebagai kelompok “batik larangan”.
Bila dilihat secara mendalam, garis-garis lengkung pada batik Yogyakarta motif parang sering diartikan sebagai ombak lautan yang menjadi pusat tenaga alam, dalam hal ini yang dimaksudkan adalah raja. Komposisi kemiringan pada motif parang juga melambangkan kewibawaan, kekuasaan, kebesaran, serta gerak cepat sehingga pemakainya diharapkan dapat bergerak cepat. Menurut penuturan Mari S Tjondronegoro, pada zaman Sri Sultan Hamengku Buwono VIII, motif parang menjadi pedoman utama untuk menentukan derajat kebangsawanan seseorang dan menjadi pedoman yang termak dalam Pranatan Dalem asmanipun Panganggo Keprabon Wonten Kraton Nagari Ngayogjakarta Hadingningrat tahun 1927. “Selain motif Parang Rusak Barong, motif Batik Larangan pada zaman itu adalah, motif Semen, Udan Liris, Sawat dan Cemungkiran,” jelasnya.

4)      Seni Musik
Musik tradisional adalah musik yang hidup di masyarakat secara turun temurun dipertahankan sebagai sarana hiburan. Tiga komponen yang saling mempengaruhi diantaranya seniman, musik itu sendiri dan masyarakat penikmatnya. Sedangkan maksudnya untuk mempersatukan persepsi antara pemikir seniman dan masyarakat tentang usaha bersama dalam mengembangkan dan melestarikan seni musik tradisional. Menjadikan musik tradisional sebagai pembendaharaan seni di masyarakat sehingga musik tradisional lebih menyentuh pada sektor komersial umum.
Macam-macam seni Musik:
a)      Gamelan
Adalah alat musik dalam pertunjukan wayang. Dalam pertunjukan wayang jawa. Alat musik ini terdiri atas paling tidak 15 jenis instrument yang berbeda, kebanyakan terbuat dari perunggu dan berbagai macam perkusi. Suling, kendang, rebab, dan gambang adalah pengiring pertunjukan yang bukan perkusi dan tidak terbuat dari perunggu.
b)      Gamelan angklung
Adalah gamelan berlaras slendro, tergolong barungan madya yang di bentuk oleh instrument berbilah dan pencon dan krawang, kadang – kadang ditambah angklung bambu kocok (yang berukuran kecil). Dibentuk oleh alat – alat gamelan yang relative ringan (sehingga mudah dimainkan sambil berprosesi).
c)      Salung
Salung ialah alat pukul yang hamper sama dengan Sarun, tetapi bedanya, salung ini terbuat dari kayu dan bambu.
d)     Kangkanung
Kangkanung ialah sejenis gong dengan ukuran yang lebih kecil yang berjumlah lima biji dan tebuat dari tembaga.
e)      Sarun
Sarun merupakan alat music pukul yang terbuat dari besi atau logam. Bunyi yang dihasilkan hanya ada lima nada yaitu do, re, mi, sol, la.

5)      Pencak Silat
Merupakan suatu cabang olahraga beladiri yang terdapat di Indonesia. Olahraga beladiri pencak silat adalah warisan nenek moyang Bangsa Indonesia. Karena pencak silat lahir dari kebudayaan Bangsa Indonesia, maka perkembangannya dipengaruhi oleh watak, selera, dan bakat masyarakat yang ada di daerahnya masing-masing. Selain keadaan masyarakat dan sifatnya, faktor alam juga dapat mempengaruhi perkembangan ilmu pencaksilat itu sendiri, misalnya keadaan tempat, iklim, keadaan sosial dan lain sebagainya. Pencaksilat merupakan cara beladiri yang menggunakan akal sepenuhnya.

C.    Hasil Penelitian

Nama            : Tri Maya Ayunda Putri
Umur            : 16 tahun
Pekerjaan      : Pelajar
Pertanyaan
Jawaban
Apakan anda tahu kesenian Tradisional Indonesia?
Iya, saya mengetahuinya.
Apakan anda bisa memainkan salah satu alat musik Tradisional Indonesia?
Iya, saya bisa memainkannya.
Apakah ada bisa menarikan salah satu Taian Tradisional Indonesia?
Iya, saya bisa menarikannya.
Nama            : Vivi Adestia
Umur            : 16 tahun
Pekerjaan      : Pelajar
Pertanyaan
Jawaban
Apakan anda tahu kesenian Tradisional Indonesia?
Iya, saya mengetahuinya.
Apakan anda bisa memainkan salah satu alat musik Tradisional Indonesia?
Tidak, saya tidak bisa memainkannya.
Apakah ada bisa menarikan salah satu Taian Tradisional Indonesia?
Iya, saya bisa menarikannya.

Nama            : Vera Theresia
Umur            : 15 tahun
Pekerjaan      : Pelajar
Pertanyaan
Jawaban
Apakan anda tahu kesenian Tradisional Indonesia?
Iya, saya mengetahuinya.
Apakan anda bisa memainkan salah satu alat musik Tradisional Indonesia?
Tidak, saya tidak bisa memainkannya.
Apakah ada bisa menarikan salah satu Taian Tradisional Indonesia?
Iya, saya bisa menarikannya.

Nama            : Citra Amelia Rahma
Umur            : 15 tahun
Pekerjaan      : Pelajar
Pertanyaan
Jawaban
Apakan anda tahu kesenian Tradisional Indonesia?
Iya, saya mengetahuinya.
Apakan anda bisa memainkan salah satu alat musik Tradisional Indonesia?
Iya, saya bisa memainkannya.
Apakah ada bisa menarikan salah satu Taian Tradisional Indonesia?
Iya, saya bisa menarikannya.

Nama            : Ajeng Maya N.
Umur            : 15 tahun
Pekerjaan      : Pelajar
Pertanyaan
Jawaban
Apakan anda tahu kesenian Tradisional Indonesia?
Iya, saya mengetahuinya.
Apakan anda bisa memainkan salah satu alat musik Tradisional Indonesia?
Tidak, saya tidak bisa memainkannya.
Apakah ada bisa menarikan salah satu Taian Tradisional Indonesia?
Iya, saya bisa menarikannya.

Nama            : Dio Arya Saputra
Umur            : 15 tahun
Pekerjaan      : Pelajar
Pertanyaan
Jawaban
Apakan anda tahu kesenian Tradisional Indonesia?
Iya, saya mengetahuinya.
Apakan anda bisa memainkan salah satu alat musik Tradisional Indonesia?
Iya, saya bisa memainkannya.
Apakah ada bisa menarikan salah satu Taian Tradisional Indonesia?
Iya, saya bisa menarikannya.

Nama            : Muhammad Indarto
Umur            : 16 tahun
Pekerjaan      : Pelajar
Pertanyaan
Jawaban
Apakan anda tahu kesenian Tradisional Indonesia?
Iya, saya mengetahuinya.
Apakan anda bisa memainkan salah satu alat musik Tradisional Indonesia?
Iya, saya bisa memainkannya.
Apakah ada bisa menarikan salah satu Taian Tradisional Indonesia?
Iya, saya bisa menarikannya.

Nama            : Roby Gilang Pratidina
Umur            : 16 tahun
Pekerjaan      : Pelajar
Pertanyaan
Jawaban
Apakan anda tahu kesenian Tradisional Indonesia?
Iya, saya mengetahuinya.
Apakan anda bisa memainkan salah satu alat musik Tradisional Indonesia?
Iya, saya bisa memainkannya
Apakah ada bisa menarikan salah satu Taian Tradisional Indonesia?
Iya, saya bisa menarikannya.
Nama            : Rizky Tri sulistyo
Umur            :16 tahun
Pekerjaan      : Pelajar
Pertanyaan
Jawaban
Apakan anda tahu kesenian Tradisional Indonesia?
Iya, saya mengetahuinya.
Apakan anda bisa memainkan salah satu alat musik Tradisional Indonesia?
Tidak, saya tidak bisa memainkannya.
Apakah ada bisa menarikan salah satu Taian Tradisional Indonesia?
Iya, saya bisa menarikannya.

Nama            : Ikhsannor Alhaviz
Umur            : 16 tahun
Pekerjaan      : Pelajar
Pertanyaan
Jawaban
Apakan anda tahu kesenian Tradisional Indonesia?
Iya, saya mengetahuinya.
Apakan anda bisa memainkan salah satu alat musik Tradisional Indonesia?
Iya, saya bisa memainkannya.
Apakah ada bisa menarikan salah satu Taian Tradisional Indonesia?
Iya, saya bisa menarikannya.

            Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan terhadap beberapa siswa-siswi X M&S1 dan X M&S2 SMAN-1 Muara Teweh dapat diperoleh data, bahwasanya kesenian tradisional merupakan kesenian yang harus di lestraikan dan merupakan suatu hasil ekspresi hasrat manusia akan keindahan dengan latar belakang tradisi atau system budaya masyarakat pemilik kesenian tersebut.

1.   Faktor-faktor Penyebab Para Remaja Cenderung Memilih Kesenian Modern Daripada Kesenian Tradisional.
1)    Remaja sekarang menganggap kesenian modern lebih mengikuti perkembangan zaman daripada kesenian tradisional.
2)    Kesenian tradisional adalah kesenian yang kuno / jadul.
3)    Kesenian modern adalah kesenian yang sesuai dengan kepribadian mereka.
4)    Mereka merasa takut apabila dianggap ketinggalan zaman oleh orang lain / teman –temannya.
5)    Kurangnya pengenalan dan pemahaman terhadap kesenian tradisional sejak dini.
6)    Kesenian modern terus berkembang pada diri remaja, baik melalui internet, TV, radio dll (media cetak maupun elektronik).
7)    Kurang tersedianya alat – alat kesenian tradisional, serta minimnya tenaga pengajar yang ahli dalam bidang tersebut.
8)    Faktor lingkungan yang cenderung westernisasi (suka meniru gaya hidup orang barat).

2.   Dampak Berkembangnya Kesenian Modern Dalam diri Remaja Saat Ini
            Semakin berkembangnya kesenian modern dikalangan remaja sekarang, banyak dampak yang ditimbulkan. Dampak tersebut antara lain :
1)    Kesenian tradisional lama kelamaan menghilang.
2)    Kesenian tradisional yang kurang mendapat perhatian mulai diclaim oleh Negara – Negara lain.
3)    Akan semakin kuat pengaruh westernisasi di diri para remaja.
4)    Lama kelamaan remaja mulai melupakan kesenian asli daerahnya.
5)    Remaja kebanyakan cenderung meniru kesenian modern yang diterimanya.
6)    Pendapatan kelompok pertunjukan kesenian tradisional berkurang karena datangnya kesenian modern.
BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
         Dapat disimpulkan bahwa kesenian tradisional semakin memudar dan semakin ditinggalkan oleh para kalangan remaja saat ini. Hal ini dikarenakan semakin maraknya tanyangan – tanyangan kesenian modern yang lebih menarik dan mudah dilakukan, hal lainnya adalah faktor kurangnya pengenalan tentang kesenian tradisional sejak dini. Namun dapat dilakukan berbagai upaya – upaya agar kesenian tradisional tetap lestari dan tidak menghilang ditelan waktu. Bukankah bangsa yang besar itu adalah bangsa yang tidak melupakan jasa – jasa pahlawannya dan kesenian asli daerahnya, oleh karena itu kesenian tradisional itu harus tetap dilestarikan agar kita tidak kehilangan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia yang kaya akan kesenian dan budayanya.
B.  Saran
         Seperti yang telah kita ketahui, bahwa sekarang ini kesenian tradisional sudah mulai bahkan sudah tergeser dengan adanya kesenian modern. Oleh karena itu, dengan Karya Tulis Ilmiah ini penulis berharap agar pembaca tetap melestarikan kesenian tradisional yang kita miliki. Dan sebagai warga Negara Indonesia wajib menjaga kesenian tradisional itu.




DAFTAR PUSTAKA
1.    Kusrianto, Adi. Filosofi Motif dan kegunaan Batik
2.      www.Wikipedia.org
g               diakses pada tanggal 04 April 2019
                 diakses pada tanggal 13 Mei 2019 pukul 01.00 WITA
                 diakses pada tanggal 13 Mei 2019
                 diakses pada tanggal 13 Mei 2019
                 diakses pada tanggal 13 Mei 2019
                 diakses pada tanggal 13 Mei 2019
                 diakses pada tanggal 13 Mei 2019





Komentar